Shen Nung Kaisar Shen Nung terkenal bukan hanya sebagai seorang Kaisar tetapi juga disebut sebagai The Divine Healer (Sang Penyembuh dari Ilahi). Cerita penemuan teh oleh sang Kaisar juga sangat tidak disengaja ketika daun teh pertama dari tanaman teh yang ada di kebun Kaisar Shen Nung jatuh kedalam air panas yang sedang dimasak oleh Sang Kaisar. Ketika daun teh tersebut terseduh dengan air panas, aroma sedap langsung muncul membuat Sang Kaisar sangat tergoda untuk meminumnya. Bukan hanya aromanya yang sedap, rasa sepat dan pahit yang ditimbulkan oleh daun teh juga sangat disukai oleh Sang Kaisar karena dipercaya dapat membuat tubuh lebih segar dan menurut penelitian Kaisar Shen Nung, minuman teh dapat menyembuhkan beberapa penyakit. Sejak itu, Kaisar Shen Nung kerap kali meminum teh dan sejak itu teh menjadi sangat populer di seluruh penjuru Cina. Daruma DARUMA adalah pembawa ajaran agama Zen Buddha (Father of Zen Buddha) di Jepang pada tahun 600 Masehi. Terdapat beberapa versi tentang penemuan tanaman teh di Jepang yang dihubungkan dengan DARUMA. Legenda menyebutkan bahwa DARUMA yang sedang mempelajari agama Zen Buddha tersebut tahan duduk bertapa tanpa tidur ataupun memejamkan matanya selama 7 tahun (ada yang menyebutkan 9 tahun), versi lain menyebutkan DARUMA duduk bertapa tanpa bergerak sampai akhirnya kedua kakinya lumpuh dan legenda paling eksterm menyebutkan bahwa DARUMA sengaja merobek kedua kelopak matanya Kalau jalan-jalan ke Jepang, sempatkan untuk mampir membeli suvenir tersebut. Lu Yu Untuk pertama kalinya pada tahun 780 Masehi seorang cendekiawan bernama Lu Yu mengumpulkan dan membukukan temuan – temuan akan manfaat dan kegunaan teh kedalam sebuah literatur mengenai teh, yaitu Ch’a Cing atau The Classic of Tea. Buku tersebut menggambarkan “Teh merupakan minuman yang membuat kita lebih bersemangat bila meminumnya, menentramkan hati, membuka pikiran dan mencegah rasa kantuk, membuat badan terasa ringan dan segar serta meningkatkan kemampuan berpikir Pada masa Dinasti Ming (1368 – 1644), bangsa Cina mulai menyeduh teh dengan air mendidih. Dengan sedikit adaptasi, tempat penuang anggur tradisional dari Cina yang menggunakan penutup menjadi teko teh yang sempurna Teh dengan segala variasinya di dunia dalam pengejaan dan pengucapan berasal dari sumber tunggal. “Te” berarti teh dalam bahasa Cina Amoy. Bahasa Cina nasional dari kata teh yaitu “cha”, sedangkan dalam Bahasa Inggris teh disebut dengan “tea”. Penyebaran Teh Dunia Jalur Sutera Selama masa pemerintahan Dinasti Han, Tang, Soon dan Yuan, komoditas Teh diperkenalkan ke dunia luar ( dari Cina ) melalui pertukaran kebudayaan menyeberangi Asia Tengah menyelusuri benua Eropa sambil memperdagangkan kain sutera (disebut Jalur Sutera). East India Company East India Company atau Perusahaan Hindia Timur Britania yang didirikan oleh Ratu Elizabeth I pada 31 Desember 1600 yang bertujuan untuk memonopoli perdagangan di Hindia Timur. Pada tahun 1669, East India Company mendapatkan lisensi dengan mendatangkan teh dari Cina ke Inggris menggunakan kapal Elizabeth I. Monopoli perdagangan teh dikuasainya sampai dengan tahun 1833. East India Company pada tahun 1773 boleh berdagang Teh langsung dari Cina ke Amerika dengan memotong jalur perdagangan dan perpajakan yang merugikan eksportir Eropa dan importir Amerika. Sehingga mengakibatkan marahnya penduduk Boston, dengan cara membuang seluruh peti yang berisi komoditas Teh kedalam laut dikenal sebagai BOSTON TEA PARTY yang berakibat pula tercetusnya revolusi Bangsa Amerika terhadap penjajahan bangsa Inggris. |
Rabu, 17 November 2010
Sejarah Teh Dunia
Pembelajaran IPA yang bersifat konstruktif di SD
Setidaknya ada lima cakupan yang harus dipelajari dalam pelajaran IPA di sekolah dasar. Keempat cakupan tersebut adalah :1) Konsep IPA terpadu 2) biologi 3) fisika 4) ilmu bumi dan antariksa 5) IPA dalam perspektif interdisipliner
Sampai saat ini, konten sains bagi kebanyakan guru diberikan melalui metode ceramah dan kegiatan pembuktian di laboratorium, dengan sedikit fokus terhadap pemberian pengalaman dalam melakukan penelitian atau aplikasi IPA dalam konteks teknologi. NSTA dalam Science teacher Preparation ini membedakan kompetensi yang harus dimiliki oleh guru IPA sekolah dasar yang memliki latar belakang IPA dan guru-guru yang memiliki latar belakang keilmuan IPA SD dan SMP. NSTA merekomendasikan guru SD yang tidak memiliki latar belakang IPA untuk memiliki kompetensi dalam melangsungkan pembelajaran yang menitikberatkan pada kegiatan observasi dan mendeskripsikan kejadian, memanipulasi objek dan system, serta melakukan identifikasi terhadap pola yang ada di alam yang berhubungan dengan cakupan bidang studi IPA. Guru-guru ini juga harus melibatkan siswa dalam memanipulasi kegiatan yang mengarahkan pada pengembangan konsep melalui kegiatan investigasi dan analisis terhadap pengalaman. Sedangkan untuk guru yang memiliki latar belakang IPA untuk tingkat SD dan SMP kriteria yang harus dimiliki adalah melangsungkanpembelajaran yang menekankan pada kegiatan kolaboratif melalui inkuiri yang dilangsungkan di laboratorium atau lapangan. Guru-guru yang memiliki latar belakang pendidikan dalam IPA harus memiliki pemahaman yang lebih dalam dibandingkan guru yang tidak memiliki latar belakang pendidikan IPA, namun mereka harus memiliki tama-tema dan perspektif yang sama terhadap IPA.
Hurd (1998) yang menyatakan bahwa orang yang dinyatakan melek sains memiliki 3 ciri sebagai berikut: (1) dapat membedakan teori dari dogma, data dari hal-hal yang bersifat mistis, sains dari pseudo sains, bukti dari propaganda dan pengetahuan dari pendapat. (2) mengenal dan memahami hakikat IPA, keterbatasan dari saintifk inkuiri, kebutuhan untuk pengumpulan bukti. (3) memahami bagaimana cara untuk menganalisis dan memproses data.
Untuk menjadi orang yang melek sains ini diperlukan cara pengajaran yang berisfat konstruktif. Ciri pembelajaran yang bersifat kosntruktif ini dapat dibedakan dengan pembelajaran yang bersifat tradisional dengan ciri-ciri sebagai berikut: 1. lebih memahami dan merespon minat, kekuatan, pengalaman dan keperluan siswa secara individual. 2. senantiasa menyeleksi dan mengadaptasi kurikulum. 3. berfokus pada pemahaman siswa dan menggunakan pengetahuan sains, ide serta proses inkuiri. 4. membimbing siswa dalam mengembangan saintifik inkuiri. 5. menyediakan kesempatan bagi siswa untuk berdiskusi dan berdebat dengan siswa lain. 6. secara berkesinambungan melakukan asesmen terhadap pemahaman siswa. 7. memberikan bimbingan pada siswa untuk berbagai tanggung jawab dengan siswa lain. 8. mensuport pembelajaran kooperatif (cooperative learning), mendorong siswa untuk bekerjasama dengan guru sains lain dalam mengembangkan proses inkuiri.
Setidaknya ada lima cakupan yang harus dipelajari dalam pelajaran IPA di sekolah dasar. Keempat cakupan tersebut adalah :
BERBAGI SITUS RADIO ONLINE
Bosen dengan playlistmu? Coba aja streaming radio. Ternyata banyak station radio di Indonesia Yang merambah dunia maya (internet radio). Banyak diantara mereka yang menggunakan fasilitas streaming. Berikut daftar-daftar url streaming radio yang bisa didengarkan lewat internet. Selain bisa didengarkan melalui melalui webcast, ada juga yang bisa didengarkan melalui winamp, i-tunes ataupun win media player.
Untuk yang bisa diputar di winamp bisa langsung klik urlnya atau copy url dan add url di playlist. Yang lainnya silakan kunjungi web masing-masing. Untuk beberapa station radio mengharuskan anda mengistal real player untuk bisa mendengarkan secara streaming.
Untuk mempermudah kita dalam mendengarkan, jangan lupa untuk di save urlnya, atau yg pakai winamp bisa di save dalam format .m3u . Silakan dicoba….
Untuk mempermudah kita dalam mendengarkan, jangan lupa untuk di save urlnya, atau yg pakai winamp bisa di save dalam format .m3u . Silakan dicoba….
Station Radio | Winamp | Other |
http://125.163.79.184:8010/listen.pls (bandung), lainnya lihat di rri.co.id atau rri-online.com | ||
webcast | ||
http://202.146.225.106:8000/listen.pls (Jakarta) | ||
http://radio.mitra.net.id:8102/listen.pls (Surabaya) | ||
webcast | ||
www.gajahmadafm.co.id:8000/live1.mp3 (langsung copas) | ||
kumpulan radio streaming | webcast | |
webcast | ||
webcast | ||
webcast | ||
webcast | ||
webcast | ||
webcast | ||
webcast | ||
webcast | ||
webcast | ||
http://live.radiomadufm.com:8550/listen.pls (Tulung agung) | ||
webcast | ||
webcast | ||
Kumpulan Radio Streaming: Trax FM, Allnetwork, Cakrawala, dll | ||
webcast | ||
webcast | ||
webcast | ||
webcast | ||
webcast | ||
Kumpulan radio streaming Jateng-Jogja | - | |
- | ||
- | ||
Radio | - | - |
*Mohon maaf, untuk sementara belum bisa update daftar radionya sampai batas waktu yang belum ditentukan

* Daftar Radio di atas sewaktu-waktu bisa berubah.
* webcast=bisa langsung didengarkan di web masing-masing.
* WMP=Windows Media Player
* Untuk memudahkan kita, jangan langsung diklik (kiri) link di atas, tapi klik kanan kemudian open link in new tab/windows.
* Jika belum berhasil, silakan klik kanan dan copy linknya kemudian di paste pada player anda.
* Jika belum berhasil juga,silakan coba kunjungi web masing2 station radio.
* Sebagian radio berformat .aac. Jika pengen suaranya lebih bagus silakan instal AAC winamp plug-ins di sini(dan rasakan bedanya!).
* Gunakan ctrl+f untuk memudahkan pencarian..
* webcast=bisa langsung didengarkan di web masing-masing.
* WMP=Windows Media Player
* Untuk memudahkan kita, jangan langsung diklik (kiri) link di atas, tapi klik kanan kemudian open link in new tab/windows.
* Jika belum berhasil, silakan klik kanan dan copy linknya kemudian di paste pada player anda.
* Jika belum berhasil juga,silakan coba kunjungi web masing2 station radio.
* Sebagian radio berformat .aac. Jika pengen suaranya lebih bagus silakan instal AAC winamp plug-ins di sini(dan rasakan bedanya!).
* Gunakan ctrl+f untuk memudahkan pencarian..
Let’s listen radio together, Fredy holic… hehehe...
Langganan:
Postingan (Atom)