Rabu, 17 November 2010

Sejarah Teh Dunia

Shen Nung
Kisah yang paling banyak ditulis tentang asal usul teh adalah cerita tentang Kaisar Shen Nung yang hidup sekitar tahun 2737 sebelum Masehi.

Kaisar Shen Nung terkenal bukan hanya sebagai seorang Kaisar tetapi juga disebut sebagai The Divine Healer (Sang Penyembuh dari Ilahi).


Cerita penemuan teh oleh sang Kaisar juga sangat tidak disengaja ketika daun teh pertama dari tanaman teh yang ada di kebun Kaisar Shen Nung jatuh kedalam air panas yang sedang dimasak oleh Sang Kaisar. Ketika daun teh tersebut terseduh dengan air panas, aroma sedap langsung muncul membuat Sang Kaisar sangat tergoda untuk meminumnya. Bukan hanya aromanya yang sedap, rasa sepat dan pahit yang ditimbulkan oleh daun teh juga sangat disukai oleh Sang Kaisar karena dipercaya dapat membuat tubuh lebih segar dan menurut penelitian Kaisar Shen Nung, minuman teh dapat menyembuhkan beberapa penyakit.

Sejak itu, Kaisar Shen Nung kerap kali meminum teh dan sejak itu teh menjadi sangat populer di seluruh penjuru Cina. 



Daruma 

DARUMA adalah pembawa ajaran agama Zen Buddha (Father of Zen Buddha) di Jepang pada tahun 600 Masehi.

Terdapat beberapa versi tentang penemuan tanaman teh di Jepang yang dihubungkan dengan DARUMA. 



Legenda menyebutkan bahwa DARUMA yang sedang mempelajari agama Zen Buddha tersebut tahan duduk bertapa tanpa tidur ataupun memejamkan matanya selama 7 tahun (ada yang menyebutkan 9 tahun), versi lain menyebutkan DARUMA duduk bertapa tanpa bergerak sampai akhirnya kedua kakinya lumpuh dan legenda paling eksterm menyebutkan bahwa DARUMA sengaja merobek kedua kelopak matanya 
untuk menghindari tertidur pada saat bertapa. Kelopak matanya terjatuh di tanah dan menurut legenda keajaiban terjadi ketika tempat dimana kelopak mata tersebut jatuh, tumbuh tanaman teh yang pertama di Jepang. Hal tersebut yang membuat DARUMA terkenal dengan kedua matanya yang besar sebagai icon dan dijadikan boneka terkenal dinegeri Jepang.


Kalau jalan-jalan ke Jepang, sempatkan untuk mampir membeli suvenir tersebut. 



Lu Yu
Untuk pertama kalinya pada tahun 780 Masehi seorang cendekiawan bernama Lu Yu mengumpulkan dan membukukan temuan – temuan akan manfaat dan kegunaan teh kedalam sebuah literatur mengenai teh, yaitu Ch’a Cing atau The Classic of Tea.

Buku tersebut menggambarkan “Teh merupakan minuman yang membuat kita lebih bersemangat bila meminumnya, menentramkan hati, membuka pikiran dan mencegah rasa kantuk, membuat badan terasa ringan dan segar serta meningkatkan kemampuan berpikir




Dinasti Ming

Pada masa Dinasti Ming (1368 – 1644), bangsa Cina mulai menyeduh teh dengan air mendidih.

Dengan sedikit adaptasi, tempat penuang anggur tradisional dari Cina yang menggunakan penutup menjadi teko teh yang sempurna




Huruf Cha
Teh dengan segala variasinya di dunia dalam pengejaan dan pengucapan berasal dari sumber tunggal. “Te” berarti teh dalam bahasa Cina Amoy. Bahasa Cina nasional dari kata teh yaitu “cha”, sedangkan dalam Bahasa Inggris teh disebut dengan “tea”.



Penyebaran Teh Dunia
Jalur Sutera
Selama masa pemerintahan Dinasti Han, Tang, Soon dan Yuan, komoditas Teh diperkenalkan ke dunia luar ( dari Cina ) melalui pertukaran kebudayaan menyeberangi Asia Tengah menyelusuri benua Eropa sambil memperdagangkan kain sutera (disebut Jalur Sutera).


East India Company 

East India Company atau Perusahaan Hindia Timur Britania yang didirikan oleh Ratu Elizabeth I pada 31 Desember 1600 yang bertujuan untuk memonopoli perdagangan di Hindia Timur. Pada tahun 1669, East India Company mendapatkan lisensi dengan mendatangkan teh dari Cina ke Inggris menggunakan kapal Elizabeth I. Monopoli perdagangan teh dikuasainya sampai dengan tahun 1833.



Boston Tea Party
East India Company pada tahun 1773 boleh berdagang Teh langsung dari Cina ke Amerika dengan memotong jalur perdagangan dan perpajakan yang merugikan eksportir Eropa dan importir Amerika. Sehingga mengakibatkan marahnya penduduk Boston, dengan cara membuang seluruh peti yang berisi komoditas Teh kedalam laut dikenal sebagai BOSTON TEA PARTY yang berakibat pula tercetusnya revolusi Bangsa Amerika terhadap penjajahan bangsa Inggris.
Artikel ini saya dapatkan dari website teh sosro. 

Pembelajaran IPA yang bersifat konstruktif di SD

Setidaknya ada lima cakupan yang harus dipelajari dalam pelajaran IPA di sekolah dasar. Keempat cakupan tersebut adalah :
1) Konsep IPA terpadu
2) biologi
3) fisika
4) ilmu bumi dan antariksa
5) IPA dalam perspektif interdisipliner

Sampai saat ini, konten sains bagi kebanyakan guru diberikan melalui metode ceramah dan kegiatan pembuktian di laboratorium, dengan sedikit fokus terhadap pemberian pengalaman dalam melakukan penelitian atau aplikasi IPA dalam konteks teknologi. NSTA dalam Science teacher Preparation ini membedakan kompetensi yang harus dimiliki oleh guru IPA sekolah dasar yang memliki latar belakang IPA dan guru-guru yang memiliki latar belakang keilmuan IPA SD dan SMP. NSTA merekomendasikan guru SD yang tidak memiliki latar belakang IPA untuk memiliki kompetensi dalam melangsungkan pembelajaran yang menitikberatkan pada kegiatan observasi dan mendeskripsikan kejadian, memanipulasi objek dan system, serta melakukan identifikasi terhadap pola yang ada di alam yang berhubungan dengan cakupan bidang studi IPA. Guru-guru ini juga harus melibatkan siswa dalam memanipulasi kegiatan yang mengarahkan pada pengembangan konsep melalui kegiatan investigasi dan analisis terhadap pengalaman. Sedangkan untuk guru yang memiliki latar belakang IPA untuk tingkat SD dan SMP kriteria yang harus dimiliki adalah melangsungkanpembelajaran yang menekankan pada kegiatan kolaboratif melalui inkuiri yang dilangsungkan di laboratorium atau lapangan. Guru-guru yang memiliki latar belakang pendidikan dalam IPA harus memiliki pemahaman yang lebih dalam dibandingkan guru yang tidak memiliki latar belakang pendidikan IPA, namun mereka harus memiliki tama-tema dan perspektif yang sama terhadap IPA.

Hurd (1998) yang menyatakan bahwa orang yang dinyatakan melek sains memiliki 3 ciri sebagai berikut:
(1) dapat membedakan teori dari dogma, data dari hal-hal yang bersifat mistis, sains dari pseudo sains, bukti dari propaganda dan pengetahuan dari pendapat.
(2) mengenal dan  memahami hakikat IPA, keterbatasan dari saintifk inkuiri, kebutuhan untuk pengumpulan bukti.
(3) memahami bagaimana cara untuk menganalisis dan memproses data.

Untuk menjadi orang yang melek sains ini diperlukan cara pengajaran yang berisfat konstruktif. Ciri pembelajaran yang bersifat kosntruktif ini dapat dibedakan dengan pembelajaran yang bersifat tradisional dengan ciri-ciri sebagai berikut:
1.        lebih memahami dan merespon minat, kekuatan, pengalaman dan keperluan siswa
           secara
           individual.
2.        senantiasa menyeleksi dan mengadaptasi kurikulum.
3.        berfokus pada pemahaman siswa dan menggunakan pengetahuan sains, ide serta
           proses inkuiri.
4.        membimbing siswa dalam mengembangan saintifik inkuiri.
5.        menyediakan kesempatan bagi siswa untuk berdiskusi dan berdebat dengan   siswa
           lain.
6.        secara berkesinambungan melakukan asesmen terhadap pemahaman siswa.
7.        memberikan bimbingan pada siswa untuk berbagai tanggung jawab dengan siswa
           lain.
8.        mensuport pembelajaran kooperatif (cooperative learning), mendorong siswa untuk             bekerjasama dengan guru sains lain dalam mengembangkan proses inkuiri.

Siklus Belajar (Learning Cycle) 5E – Sebuah Metode Perencanaan dalam IPA

BERBAGI SITUS RADIO ONLINE

Bosen dengan playlistmu? Coba aja streaming radio. Ternyata banyak station radio di Indonesia Yang merambah dunia maya (internet radio). Banyak diantara mereka yang menggunakan fasilitas streaming. Berikut daftar-daftar url streaming radio yang bisa didengarkan lewat internet. Selain bisa didengarkan melalui melalui webcast, ada juga yang bisa didengarkan melalui winamp, i-tunes ataupun win media player.

Untuk yang bisa diputar di winamp bisa langsung klik urlnya atau copy url dan add url di playlist. Yang lainnya silakan kunjungi web masing-masing. Untuk beberapa station radio mengharuskan anda mengistal real player untuk bisa mendengarkan secara streaming.
Untuk mempermudah kita dalam mendengarkan, jangan lupa untuk di save urlnya, atau yg pakai winamp bisa di save dalam format .m3u  .   Silakan dicoba….


Station Radio
Winamp
Other
webcast
webcast
www.gajahmadafm.co.id:8000/live1.mp3 (langsung copas)
kumpulan radio streaming
webcast
webcast
webcast
webcast
webcast
webcast
webcast
webcast
webcast
webcast
webcast
webcast
Kumpulan Radio Streaming: Trax FM, Allnetwork, Cakrawala, dll
webcast
webcast
webcast
webcast
webcast
Kumpulan radio streaming Jateng-Jogja
-
-
-
Radio
-
-


*Mohon maaf, untuk sementara belum bisa update daftar radionya sampai batas waktu yang belum ditentukan http://mail.google.com/mail/e/330


 Keterangan:
* Daftar Radio di atas sewaktu-waktu bisa berubah.
* webcast=bisa langsung didengarkan di web masing-masing.
* WMP=Windows Media Player
* Untuk memudahkan kita, jangan langsung diklik (kiri) link di atas, tapi klik kanan kemudian open link in new tab/windows.
* Jika belum berhasil, silakan klik kanan dan copy linknya kemudian di paste pada player anda.
* Jika belum berhasil juga,silakan coba kunjungi web masing2 station radio.
* Sebagian radio berformat .aac. Jika pengen suaranya lebih bagus silakan instal AAC winamp plug-ins
 di sini(dan rasakan bedanya!).
* Gunakan
 ctrl+f untuk memudahkan pencarian..

 Jika ada station radio online (di Indonesia tentunya) yang belum ada padadaftar di atas silakan tinggalkan komentar atau hubungi kami untuk ditindak lanjuti. Bingung dengan daftar diatas? Mungkin akan lebih rapi jika dilihat dalam format .xls. Bagi yang berkenan silakan download  di  sini.

Lets  listen radio together, Fredy holic… hehehe...